Jurnal Ilmiah Telaah
Vol 9, No 2: July 2024

UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN APLIKASI WORDWALL PADA MATERI TEKS CERITA INSPIRATIF DI SMPN 2 MATARAM

Daiyanti, Vina Melisa (Unknown)
Agustina, Yulia (Unknown)
Agustina, Zumratul (Unknown)
Bafadal, Moh Fauzi (Unknown)
Hairiah, Hairiah (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2024

Abstract

Abstrak: Fokus penelitian ini didasarkan permasalahan pembelajaran bahasa Indonesia materi teks cerita inspiratif di kelas IX khususnta kelas IX-C SMPN 2 Mataram. Artikel ini bertujuan untuk melihat peningkatan minat belajar peserta didik menggunakan aplikasi Wordwall dalam pembelajaran teks cerita inspiratif di SMPN 2 Mataram, dengan fokus pada uapaya peningkatan minat belajar sehingga akan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi peserta didik. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IX-C SMPN 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan model siklus yang pengamatannya dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa merasa lebih termotivasi untuk belajar setelah menggunakan media wordwall dan peningkatan persentase hasil belajar dari 47,3% pada siklus I berubah 89,4% pada siklus II yang berarti minat belajar siswa mengalami kenaikan atau kemajuan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa media wordwall dapat meningkatkan motivasi dan hasil pembelajaran siswa pada materi teks cerita inspiratif.Abstract:  The focus of this research is based on the problem of learning Indonesian with inspirational story text material in class IX, especially class IX-C, SMPN 2 Mataram. This article aims to see the increase in students' interest in learning using the Wordwall application in learning inspirational story texts at SMPN 2 Mataram, with a focus on efforts to increase interest in learning so that it will create fun and meaningful learning for students. This classroom action research was conducted in class IX-C of SMPN 2 Mataram. This research uses a cycle model where observations are carried out in two cycles. The research results showed that students felt more motivated to learn after using wordwall media and the percentage of learning outcomes increased from 47.3% in cycle I to 89.4% in cycle II, which means that students' interest in learning experienced a significant increase or progress. This shows that wordwall media can increase student motivation and learning outcomes on inspirational story text material.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

telaah

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Telaah adalah wadah publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram. Artikel/karya tulis yang dimuat dalam jurnal ini adalah karya tulis hasil penelitian dan hasil ...