Jurnal Ilmiah Telaah
Vol 9, No 2: July 2024

Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Cerita Siswa Kelas V SDN 1 Lelong Kecamatan Praya Tengah Tahun Pelajaran 2023/2024

Wahid, Abdul (Unknown)
Suhaiminah, Suhaiminah (Unknown)
Sasmita, Eni (Unknown)
Anwar, Khairil (Unknown)
Sulfana, Evi Yanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jul 2024

Abstract

Salah satu penyebab rendahnya hasil pembelajaran siswa adalah kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran yang inovatif harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui sejauh mana pengaruh penerapan model pembelajaran Based Learning (PBL) pada siswa SDN 1 Lelong melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks cerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitiannya 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes hasil belajar kepada siswa, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata ketuntasan 77 dan pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan 82. Dari hasil ini disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks cerita. Implikasi dari model pembelajaran ini adalah memberikan kepercayaan diri pada siswa untuk dapat memecahkan masalah sehingga dapat membantu siswa menerapkan ilmu yang telah diperoleh dalam penyelesaian persoalan kehidupan nyata.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

telaah

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Ilmiah Telaah adalah wadah publikasi ilmiah yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram. Artikel/karya tulis yang dimuat dalam jurnal ini adalah karya tulis hasil penelitian dan hasil ...