Salah satu penyebab rendahnya hasil pembelajaran siswa adalah kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Oleh karena itu penerapan model pembelajaran yang inovatif harus dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahaui sejauh mana pengaruh penerapan model pembelajaran Based Learning (PBL) pada siswa SDN 1 Lelong melalui mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks cerita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitiannya 20 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes hasil belajar kepada siswa, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata ketuntasan 77 dan pada siklus II diperoleh rata-rata ketuntasan 82. Dari hasil ini disimpulkan bahwa model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks cerita. Implikasi dari model pembelajaran ini adalah memberikan kepercayaan diri pada siswa untuk dapat memecahkan masalah sehingga dapat membantu siswa menerapkan ilmu yang telah diperoleh dalam penyelesaian persoalan kehidupan nyata.
Copyrights © 2024