Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap peningkatan motivasi belajar peserta didik pada materi norma dan UUD Tahun 1945. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B SMPK Kesuma Mataram. Objek penelitian ini adalah model Problem Based Learning untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dengan materi Norma dan UUD Tahun 1945. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan tes. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu tes siklus, setiap siklus terdiri dari 4 kegiatan utama, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Dari hasil penelitian, diperoleh adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada materi Norma dan UUD Tahun 1945 di kelas VII B SMPK Kesuma Mataram.
Copyrights © 2024