Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2024): November 2024

Peningkatan Kemampuan Numerasi Melalui Pembelajaran Bilangan Cacah Berbasis Proyek Kelas IV UPTD SDN Koeloeda

Bhena, Maria Melania Oktaviana (Unknown)
Baka, Maria Yasinta (Unknown)
Wewe, Melkior (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 4 UPTD SDN Koeloda melalui pembelajaran bilangan cacah berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes kemampuan numerasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran bilangan cacah berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata tes numerasi siswa dari 60 pada siklus I menjadi 75 pada siklus II. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran ini juga positif, dengan sebagian besar siswa merasa lebih termotivasi dan memahami konsep bilangan cacah dengan lebih baik. Dengan demikian, pembelajaran bilangan cacah berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 4 UPTD SDN Koeloda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN : 2830-0378) is a scientific journal published by Papanda (Paguyuban Panalungtik Sunda). This aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education, specifically focuses ...