Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 4 UPTD SDN Koeloda melalui pembelajaran bilangan cacah berbasis proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes kemampuan numerasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran bilangan cacah berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan numerasi siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai rata-rata tes numerasi siswa dari 60 pada siklus I menjadi 75 pada siklus II. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran ini juga positif, dengan sebagian besar siswa merasa lebih termotivasi dan memahami konsep bilangan cacah dengan lebih baik. Dengan demikian, pembelajaran bilangan cacah berbasis proyek efektif dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas 4 UPTD SDN Koeloda.
Copyrights © 2024