Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 3 No. 2 (2024): November 2024

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Media Pohon Faktor Pada Materi FPB dan KPK Kelas IV Sekolah Dasar

Tea, Yolenta Varista (Unknown)
Wewe, Melkior (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui penggunaan media pohon faktor pada materi FPB dan KPK. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDK Bejo sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari empat pertemuan. Tekhnik pengumpulan data berupa tes hasil kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I sebesar 30% dan meningkat signifikan pada siklus II sebesar 85%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui penggunaan media pohon faktor pada siswa kelas IV SDK Bejo.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education

Description

Polinomial : Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN : 2830-0378) is a scientific journal published by Papanda (Paguyuban Panalungtik Sunda). This aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to mathematics education, specifically focuses ...