Tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas V SDI Wogo dengan menerapkan pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini melibatkan 25 siswa kelas V sebagai partisipannya. Fokusnya adalah pada peningkatan keterampilan berhitung melalui pemanfaatan strategi pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini menggunakan penilaian pre-test dan post-test sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini dapat digolongkan sebagai penelitian tindakan kelas (PTK). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran berbasis proyek meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas V SDI Wogo. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata skor keterampilan berhitung dari 40% pada pre-test menjadi 75% pada post-test. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek secara umum meningkatkan keterampilan berhitung siswa kelas V SDI Wogo melalui penelitian tindakan kelas.
Copyrights © 2024