Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 6 No 2 (2023): Sustainable

Efektivitas Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kahoot! dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA Negeri 2 Pontianak

Nugraha, Taufan Jaya (Unknown)
Asriati, Nuraini (Unknown)
Ramadhan, Iwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menuntut pendidik lebih inovatif dan kreatif di kelas, Pemanfaatan teknologi sebagai media dalam proses penilaian pembelajaran dapat mendukung terlaksananya proses penilaian pembelajaran menjadi lebih efektif dan menarik, salah satunya dengan menggunakan Kahoot!. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas penilaian hasil belajar berbasis Kahoot! dengan melihat perencanaan, pelaksanaan, serta hasil dari penilaian berbasis Kahoot! dalam pembelajaran sosiologi pada kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Pontianak. Metode yang digunakan kualitatif dengan bentuk penelitian deskriptif. Dengan pengumpulan data melalui observasi secara langsung penggunaan Kahoot! dari persiapan hingga pelaksanaan ruang kelas, Sumber data yang diwawancarai dalam penelitian ini adalah satu orang guru sosiologi yang mengajar di SMA Negeri 2 Pontianak serta empat orang peserta didik kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Pontianak sebagai sampel. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penilaian berbasis Kahoot! dalam pembelajaran sosiologi sudah dilaksanakan dengan efektif, dilaksanakan dengan baik, lancar dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Perencanaan penilaian pembelajaran sudah efektif dengan langkah guru membuat RPP, membuat kuis pada Kahoot! dengan mudah. Pelaksanaan penilaian sangat efektif dilakukan setelah guru menyampaikan materi pembelajaran, tanpa banyak kendala dan terlaksana sesuai tujuan yang diharapkan dari penggunaan Kahoot! dalam penilaian. Hasil penilaian yang diperoleh sangat efektif dari ranah pengetahuan dengan penilaian melalui Kahoot! diperoleh nilai yang baik dengan rata-rata 80,3 dari persentase jawaban benar. ranah sikap terdapat nilai sopan santun, kedisiplinan, kejujuran, percaya diri dan gotong royong pada peserta didik yang baik. ranah keterampilan diperoleh peserta didik semakin terampil dalam menggunakan media teknologi digital.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...