Sustainable: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan
Vol 6 No 2 (2023): Sustainable

Kemitraan Pembiayaan Pendidikan SMP Terpadu Al-Azhar Takengon Kabupaten Aceh Tengah

Ramadan, Ramadan (Unknown)
Indra, Indra (Unknown)
Hamdan, Hamdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini berupaya menemukan suatu jawaban yang berkaitan dengan kemitraan pembiayaan pendidikan di SMP Terpadu Al-Azhar Aceh Tengah. Yang menjadi permasalahan dalam suatu lembaga terutama yang swasta adalah kemitraan dalam pembiayaan pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sistem kemitraan kemitraan pembiayaan pendidikan di SMP Terpadu Al-Azhar Aceh Tengah dan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor pendukung, kendala serta apa solusi dalam hal kemitraan pembiayaan pendidikan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian diskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam penelitain ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian menyatakan bahwa sistem kemitraan pembiayaan pendidikan di sekolah ini masih mengandalkan partisipasi orang tua dalam bentuk SPP, BOS dari pemerintah, para donatur, badan pendidikan dayah serta koperasi sekolah. Adapun pendukung kemitraan pembiayaan pendidikan di sekolah ini adalah keadaan tempat dan semangat kepala sekolah dan para dewan guru kendala yang dihadapi keterlambatan pembayaran SPP adapun solusinya adalah dengan mengirim surat kepada para wali siswa serta memanggil mereka dan menyokong perbendaharaan sekolah dari hasil koperasi sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sus

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Sustainable Journal is a high-quality open-access peer-reviewed research journal that is published by the Quality Assurance of Bangka Belitung State Islamic Institute (LPM - IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung). Sustainable Journal is providing a platform that welcomes and acknowledges ...