Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan studi ISlam
Vol. 5 No. 01 (2024): Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam

Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an

azimah, azkiatun nisa (Unknown)
Supendi, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2024

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas X MA Al- Ahliyah pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist karna kurangnya metode pembelajaran yang digunakan dan proses pembelajaran yang kurang inovatif sehingga peserta didik kurang aktif dan berpartisifasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) hasil belajar siswa kelas exsperimen yang sebelum di terapkan model pembelajaran Quantum Learning 2) hasil belajar siswa kelas exsperimen yang sesudah di terapkan model pembelajaran Quantum Learning 3) Bagaimana pengaruh model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajaran Al Qur’an Hadist di MA Al Ahliyah. Dalam proses pembelajaran penggunaan model pembelajaran merupakan suatu aspek penting yang diperlukan guru untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Menurut sohimin (2014:183) Penggunaan model pembelajaran Quantum Learning cocok untuk membantu mengatasi permasalahan yang ada karna tipe pembelajaran tersebut menekankan kepada struktur khusus yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi peserta didik dan memiliki tujuan untuk meningkatkan penguasaan materi selama proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif Quasi eksperimen desain non-equivalent control group design dan teknik sample total dengan data homogen yang dijadikan sampel sejumlah 70 siswa dari 70 populasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji paired sample t-test dan uji indefendent sample t-test. Teori Jean Piaget dan teori vygotsky tentang kooperative dan teori taksonomi bloom. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Hasil belajar siswa kelas eksperimen sebelum perlakuan diperoleh rata-rata sebesar 65.59 sedangkan hasil belajar siswa kelas kontrol sebelum perlakuan diperoleh 64.31. (2) Hasil belajar siswa kelas Eksperimen setelah perlakuan diperoleh rata-rata 85.20 sedangkan hasil belajar dengan metode yang sama kelas kontrol diperoleh 72.09 sehingga dapat disimpulkan Adanya Pengaruh Model pembelajaran Quantum Learning Terhadap hasil belajar siswa .  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paedagogie

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Paedagogie: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is a periodical scientific journal published 2 (two) times a year in January and July by Muttaqien Publishing and managed by the Center Research and Community Service (P3M) STAI DR.KH.EZ.Muttaqien Purwakarta. This journal contains scientific articles, ...