PERISAI: Pendidikan dan Riset Ilmu Sains
Vol. 3 No. 2 (2024): Juni Jurnal PERISAI

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DI SMPN 1 DARUSSALAM

Fazwa, Annisa (Unknown)
Ibrahim , Lukman (Unknown)
Salasiyah, Cut intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Darusssalam. Sampel diambil berdasarkan kelas-kelas (rombongan belajar) secara random. Data dikumpuPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Darusssalam. Sampel diambil berdasarkan kelas-kelas (rombongan belajar) secara random. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen perangkat tes dan dianalisis dengan statistik uji-t sampel independen. Karena diperoleh  dan  (), maka  ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan ini sejalan dengan fakta bahwa siswa lebih aktif dalam memahami dan  menyelesaikan masalah pada LKPD sesuai dengan tahapan penerapan model pembelajaran Think Talk Write.lkan dengan menggunakan instrumen perangkat tes dan dianalisis dengan statistik uji-t sampel independen. Karena diperoleh  dan  (), maka  ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan ini sejalan dengan fakta bahwa siswa lebih aktif dalam memahami dan  menyelesaikan masalah pada LKPD sesuai dengan tahapan penerapan model pembelajaran Think Talk Write.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

perisai

Publisher

Subject

Environmental Science Mathematics Other

Description

Jurnal “PERISAI: Pendidikan dan Riset Ilmu Sains” menerima naskah untuk dipublikasikan secara terbuka kepada masyarakat luas, baik bagi komunitas akademik maupun masyarakat pada umumnya sehingga pada ranah kelimuan dapat dikonsumsi secara luas pula. Naskah publikasi yang diterima berdasarkan ...