Rendahnya interaksi sosial dan suasan pembelajaran yang kaku merupakan penyebab kurangnya perhatian siswa terhadap pembelajaran, sehingga menyebabkann rendahnya hasil belajar siswa. Pembelajaran yang menyenangkan dengan interaksi sosial sangat membantu siswa dalam menginstruksi pengetahuannya. Dengan interaksi sosial siswa dengan temannya dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantu kartu soal. PTK ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian siswa kelas VA SDN 04 Kampung Olo Padang yang berjumlah 25 siswa. Instrument penelitian meliputi lembar observasi guru dan tes hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dengan adanya game atau permainan saat pembelajaran. Turnamen diakhir pertemuan memacu keinginan siswa untuk belajar lebih baik dan serius saat diskusi dengan harapan bisa memenangkan turnamen. Sehingga pada siklus II diperoleh rata-rata 80,8 dengan persentase ketuntasan 76%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbantu kartu soal dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika.
Copyrights © 2024