Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal terkait luas permukaan dan volume kubus dan balok. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri di Kota Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang dirancang khusus untuk menguji pemahaman peserta didik tentang konsep volume dan luas permukaan, serta untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesulitan yang mereka alami. Selanjutnya, data dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi pola kesulitan yang dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menerapkan rumus, melakukan perhitungan matematis, dan memvisualisasikan konsep kubus dan balok. Diskusi hasil penelitian mengungkapkan bahwa kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep, minimnya latihan, dan kebingungan dalam memahami hubungan antara rumus dengan situasi nyata. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih konkret dan kontekstual serta penekanan pada pembentukan pemahaman konseptual yang kuat bagi peserta didik dalam mempelajari luas permukaan dan volume kubus dan balok.
Copyrights © 2024