PERISAI: Pendidikan dan Riset Ilmu Sains
Vol. 3 No. 2 (2024): Juni Jurnal PERISAI

KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH LUAS PERMUKAAN DAN VOLUME KUBUS DAN BALOK

Dedi Muhtadi, Dedi Muhtadi (Unknown)
Santi Auliya Hidayati (Unknown)
Sukirwan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal terkait luas permukaan dan volume kubus dan balok. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melibatkan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri di Kota Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui tes tertulis yang dirancang khusus untuk menguji pemahaman peserta didik tentang konsep volume dan luas permukaan, serta untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesulitan yang mereka alami. Selanjutnya, data dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi pola kesulitan yang dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik mengalami kesulitan dalam menerapkan rumus, melakukan perhitungan matematis, dan memvisualisasikan konsep kubus dan balok. Diskusi hasil penelitian mengungkapkan bahwa kesulitan ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep, minimnya latihan, dan kebingungan dalam memahami hubungan antara rumus dengan situasi nyata. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya pendekatan pembelajaran yang lebih konkret dan kontekstual serta penekanan pada pembentukan pemahaman konseptual yang kuat bagi peserta didik dalam mempelajari luas permukaan dan volume kubus dan balok.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

perisai

Publisher

Subject

Environmental Science Mathematics Other

Description

Jurnal “PERISAI: Pendidikan dan Riset Ilmu Sains” menerima naskah untuk dipublikasikan secara terbuka kepada masyarakat luas, baik bagi komunitas akademik maupun masyarakat pada umumnya sehingga pada ranah kelimuan dapat dikonsumsi secara luas pula. Naskah publikasi yang diterima berdasarkan ...