ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 8 No 1 (2024): FEBRUARI

PENGUATAN MOTIVASI BERPRESTASI, TEAM WORK, DAN IKLIM ORGANISASI DALAM UPAYA MENINGKATAN KEINOVATIFAN GURU DI ERA MERDEKA BELAJAR

Dede Willianto Pratama (Unknown)
Patras, Yuyun Elizabeth (Unknown)
Sumardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan cara dan strategi baru untuk meningkatkan inovasi guru dengan mengkaji variabel lain yang berhubungan positif dengan inovasi guru. Variabelnya adalah motivasi berprestasi, kerjasama kelompok, dan iklim organisasi. Cara dan strategi baru dalam meningkatkan inovasi guru yang ditemukan kemudian dijadikan rekomendasi kepada pihak terkait yaitu Kepala Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru. Sampel yang dipilih berjumlah 183 orang melalui multistage random sampling dengan menggunakan rumus Slovin. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kuantitatif dengan pemodelan Analisis Korelasi dan dilanjutkan dengan analisis SITOREM. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif langsung antara motivasi berprestasi dengan inovasi guru dengan nilai ry1 0,991, (2) Terdapat hubungan positif langsung antara kerjasama kelompok dengan inovasi guru dengan nilai ry2 = 0,982, (3) Terdapat hubungan langsung Terdapat hubungan positif antara iklim organisasi dengan inovasi guru dengan nilai ry3 = 0,986, (4) Terdapat hubungan langsung positif antara motivasi berprestasi dan kolaborasi kelompok dengan inovasi guru dengan nilai ry12 = 0,992, (5) Terdapat hubungan positif langsung antara motivasi berprestasi dan iklim organisasi dengan keinovatifan guru dengan nilai ry13 = 0,992, (6) Terdapat hubungan positif langsung antara kolaborasi kelompok dan iklim organisasi   Kata Kunci : Motivasi berprestasi, Team work, Iklim Organisasi, Keinovatifan guru, Merdeka Belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

ELSE adalah jurnal ilmiah tentang pendidikan dan pembelajaran sekolah dasar oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah ...