Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan
Vol 16, No 1 (2024)

PENGARUH TRUST SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DALAM HUBUNGAN PERCEIVED RISK DAN EWOM TERHADAP ONLINE PURCHASE INTENTION

Aprillia, Dean (Unknown)
Wibowo, Januar (Unknown)
Candraningrat, Candraningrat (Unknown)
Supriyanto, Antok (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2024

Abstract

Pada platform TikTok, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Perceived Risk, EWOM, dan Trust terhadap Purchase Intention. Kuesioner disebarkan kepada 239 responden pengguna yang telah menyelesaikan pembelian di platform TikTok di Jawa Timur sebagai bagian dari studi kuantitatif ini. Penelitian ini dievaluasi menggunakan SmartPLS Professional edition dan analisis Partial Least Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Temuan analisis menunjukkan bahwa Trust dan Purchase Intention sama-sama dipengaruhi secara signifikan oleh Perceived Risk. Meskipun informasi dari electronic word of mouth mempunyai pengaruh yang besar terhadap Trust, pengaruhnya terhadap Purchase Intention tidak signifikan secara statistik. Peran mediasi Trust dalam hubungan antara Perceived Risk dan Purchase Intention sangat besar dan langsung. Efek mediasi Trust antara informasi electronic word of mouth dan niat membeli adalah besar dan langsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan adalah jurnal yang memuat tentang hasil-hasil penelitian ilmu manajemen yang terdiri dari Manajemen SDM, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional dan Manajemen Bisnis Syariah serta Manajemen ...