Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 2 (April 2024)

Analisis Implementasi Permendikbud No. 21 Tahun 2022 dalam Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia

Rahmah, Rahmah (Unknown)
Cahyadi, Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Permendikbud No. 21 Tahun 2022 dalam Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Penilaian pendidikan adalah komponen vital dalam proses pendidikan yang mempengaruhi kualitas pembelajaran dan menciptakan kesetaraan bagi semua peserta didik. Dengan fokus pada peraturan terbaru, yaitu Permendikbud No. 21 Tahun 2022, penelitian ini menginvestigasi bagaimana peraturan ini diimplementasikan di berbagai satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan sejauh mana implementasi Permendikbud No. 21 Tahun 2022 telah berdampak pada proses penilaian pendidikan, termasuk dalam perumusan tujuan penilaian, pemilihan instrumen, pelaksanaan, pengolahan hasil, dan pelaporan. Temuan dalam penelitian ini memberikan wawasan penting tentang perkembangan terbaru dalam standar penilaian pendidikan di Indonesia dan implikasinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan nasional. Penelitian ini dapat memberikan masukan berharga bagi pemangku kebijakan pendidikan dalam merancang dan meningkatkan sistem penilaian pendidikan yang lebih efektif dan relevan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...