Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Permendikbud No. 21 Tahun 2022 dalam Standar Penilaian Pendidikan di Indonesia. Penilaian pendidikan adalah komponen vital dalam proses pendidikan yang mempengaruhi kualitas pembelajaran dan menciptakan kesetaraan bagi semua peserta didik. Dengan fokus pada peraturan terbaru, yaitu Permendikbud No. 21 Tahun 2022, penelitian ini menginvestigasi bagaimana peraturan ini diimplementasikan di berbagai satuan pendidikan yang ada di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan sejauh mana implementasi Permendikbud No. 21 Tahun 2022 telah berdampak pada proses penilaian pendidikan, termasuk dalam perumusan tujuan penilaian, pemilihan instrumen, pelaksanaan, pengolahan hasil, dan pelaporan. Temuan dalam penelitian ini memberikan wawasan penting tentang perkembangan terbaru dalam standar penilaian pendidikan di Indonesia dan implikasinya terhadap peningkatan kualitas pendidikan nasional. Penelitian ini dapat memberikan masukan berharga bagi pemangku kebijakan pendidikan dalam merancang dan meningkatkan sistem penilaian pendidikan yang lebih efektif dan relevan.
Copyrights © 2024