Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 3 (Juli 2024)

Analisis Swot Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Permainan Edukatif

Fadllurrohman, Fadllurrohman (Unknown)
Firdaus, Rizal (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2024

Abstract

Pendidikan karakter di sekolah sangat penting perannya dalam mengkondisikan siswa di Lembaga Pendidikan agar dapat menjalani kehidupannya dengan baik dan menyenangkan. Sehingga apabila telah tercipta siklus yang menggembirakan, proses pembelajaran akan lebih mudah diserap dan dipahami. Selain itu, Pendidikan karakter yang tepat dapat membentuk kepribadian siswa yang baik, sehingga membantu dalam menjalani kesehariannya dengan lebih baik, dan mempersiapkan masa depannya dengan menyenangkan. Maka dari itu artikel ini bertujuan untuk menganlisis aspek kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) dalam implementasi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui permainan edukatif. Analisis SWOT ini berfungsi untuk menemukan strategi-strategi yang dapat dilakukan dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di sekolah dasar melalui permainan edukatif. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method concurrent research, yaitu sutu metode yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan kuantitatif secara bersamaan. Data diperoleh dari berbagai dokumen yang relevan, analisis data kualitatif menggunakan teknik analisis dokumen yang disajikan secara deskriptif, sementara analisis data kuantitatif dilakukan untuk menemukan positioning strategi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui permainan edukatif. Kajian ini menemukan bahwa masalah utama dalam Pendidikan karakter di Indonesia terletak pada metode pendidikanya, sebab nilai-nilai dan konten Pendidikan karakter tidak banyak bergeser sedari awal ditentukan, namun metode selalu berkembang seiring perkembangan zaman. Metode Pendidikan karakter yang paling sesuai untuk diimplementasikan di sekolah dasar ialah dengan memanfaatkan permainan edukatif. Melalui permainan edukatif, secara hipotetik dapat menjadi alternatif pengajaran Pendidikan karakter, terutama untuk mengajarkan nilai-nilai dalam lima karakter utama yaitu religius, mandiri, nasionalis, integritas dan gotong royong. Sehingga metode peneladanan, pembiasaan dan pengkondisian lingkungan untuk membentuk karakter dapat dilakukan dengan optimal. Analisis kualitatif SWOT kajian ini menghasilkan empat strategi yang terangkum dalam strategi SO, ST, WO dan WT. Sementara analisis data kuantitatif SWOT kajian ini menghasilkan temuan strategi pendidikan karakter di sekolah dasar melalui permainan edukatif berada pada kuadran satu yang berarti strategi yang dapat dilakukan adalah agresif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...