Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, karena pendidikan sendiri adalah sarana dalam menumbuh kembangkan potensi yang dimiliki manusia. Salah satu unsur terpenting dalam pendidikan adalah menetapkan tujuan dan orientasi pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bermaksud untuk merumuskan tujuan pendidikan dasar yang terkandung dalam Al-Qur`an Surat Luqman ayat 12-19. Adapun pendekatan yang digunakan penulis, yaitu metode kualitatif studi pustaka (library research), yaitu dengan menghimpun informasi dari bahan bacaan, seperti kitab tafsir, artikel jurnal ilmiah dan sumber lain yang relevan dengan pokok bahasan, lalu data yang diperoleh dari hasil pemilahan tersebut dianalisis dengan metode analisis isi (content analysis) dan metode Tafsir at-Tahlili (analitik). Hasil dari analisis penelitian ini menjelaskan bahwa tujuan pendidikan Islam berbeda dengan sasaran pendidikan yang bercorak sekulalistik. Tujuan pendidikan sekuler lebih memprioritaskan aspek intelektual peserta didik, namun cenderung mengabaikan nilai-nilai spiritual keagamaan. Temuan rumusan tujuan pendidikan dasar perspektif Al-Qur`an surat Luqman ayat 12-19 yaitu mencakup aspek penanaman akidah, ibadah, akhlak (karakter) dan tanggung jawab sosial melalui amar ma'ruf nahi mungkar. Keempat aspek diatas adalah pondasi pokok dalam upaya membangun keshalehan peserta didik baik secara personal dan sosial.
Copyrights © 2024