Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 1 (Januari 2024)

Pola Pengembangan Karir Sumber Daya Manusia (SDM) Pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah

Sholikin, Sholikin (Unknown)
Zumrotun, Erna (Unknown)
Sabarudin, Sabarudin (Unknown)
Nisak, Ismatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengembangan karir Sumber Daya Manusia (SDM) pada satuan Pendidikan. Penting bagi personel dalam sebuah lembaga untuk mengembangkan karir sesuai dengan jabatan yang mereka emban, agar mampu bersaing dengan institusi lainnya, serta keberlangsungan lembaga tersebut dapat dipertahankan eksistensinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian field studi (studi lapangan) sedangkan metode yang digunakan adalah studi kasus. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah pola pengembangan karir yang diterapkan oleh pimpinan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI). Data tentang pengembangan karir pada lembaga tersebut dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini dengan cara triangulasi, yang tahapannya meliputi pengumpulan, pengkodean, pemadatan, display data, dan terakhir adalah menyimpulkan. Hasil dari penelitian ini mendeskripsikan tentang pola pengembangan karir pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda 02 Ngasem Batealit Jepara. Usaha dalam pengembangan karir SDM melalui tahapan analisis kebutuhan pada lembaga, penempatan Sumber Daya Manusia (SDM), pengembangan karir Sumber Daya Manusia (SDM), dan evaluasi. Pengembangan karir sangat dibutuhkan demi meningkatkan kompetensi personel  agar mampu menjalankan tugas sesuai dengan job deskripsi untuk mencapai tujuan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...