Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 2 (April 2024)

Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pengembangan Materi Pembelajaran di Madrasah Ibtidayah

Hamida, Hamida (Unknown)
Jumadi, Jumadi (Unknown)
Noviana, Santi (Unknown)
Prayetno, Aji (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini adalah literature review. Penelitian yang disebut sebagai literature review adalah jenis penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki, menganalisis, dan mensintesis penelitian-penelitian sebelumnya yang telah dilakukan dalam bidang studi tertentu. Penelitian ini melibatkan pengumpulan dan evaluasi terhadap berbagai artikel jurnal, buku, laporan penelitian, dan sumber-sumber lainnya yang relevan dengan topik yang sedang diteliti. Tujuan utama dari literature review adalah untuk memahami keadaan pengetahuan yang ada dalam suatu bidang studi, mengidentifikasi kesenjangan penelitian yang masih perlu dijelajahi, dan menyediakan landasan teoritis yang kokoh untuk penelitian. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi dari sumber jurnal dan literature relevan seperti google schoolar. Analisa data dengan critical literature, Hasilpenerapan Kurikulum Merdeka dalam pengembangan materi pembelajaran, diharapkan peserta didik akan lebih terlibat, bersemangat, dan memiliki keberanian untuk berekspresi dengan Bahasa Indonesia. Proses pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna akan membawa dampak positif dalam peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia secara keseluruhan, dan pada akhirnya, mampu mencetak generasi yang terampil, kreatif, dan mampu bersaing di tingkat global.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...