Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Bahasa Jawa siswa kelas V SD Negeri Percobaan 2 Depok dengan penerapan metode Fun Learning. Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil observasi terhadap siswa kelas V, yaitu rendahnya motivasi belajar siswa karena kesulitan dalam memahami Bahasa Jawa serta pembelajaran yang kurang inovatif. Penelitian yang dilakukan merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah penerapan metode Fun Learning. Hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan penerapan metode Fun Learning. Rata-rata motivasi belajar siswa pada pra siklus adalah 33,3% kemudian mengalami peningkatan pada siklus I menjadi 77,7% dan meningkat lagi pada siklus II yaitu 88,8%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Fun Learning dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Jawa siswa kelas V SD Negeri Percobaan 2 Depok.
Copyrights © 2024