Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 8, No. 3 (Juli 2024)

Filsafat Ilmu Manajemen Pendidikan Islam sebagai Framework Analisa Kritis pada Pembelajaran Sekolah Islami dengan Sistem Full Day School

Selvia, Noor Liyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Full Day School adalah sistem yang diperkenalkan oleh Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy untuk mencegah perilaku negatif pada anak anak. Meski secara konsep ideal, namun pada faktanya ada sisi negatif dari model Full Day School ini. Penulis melakukan evaluasi dengan menggunakan framework filsafat ilmu manajemen pendidikan Islam sebagai model analisa kritis pada konsep Full Day School. Analisa kritis yang penulis lakukan berbasis nilai Islami dan mendasarkan pada bagaimana Islam memandang pendidikan dan metode pemahaman ilmu yang tepat dalam kerangka Islam. Penulis juga menekankan bahwa evaluasi ini didasarkan bukan untuk menolak Full Day School melainkan menyusun kurikulum Full Day School untuk mencapai pendidikan yang ideal. Tujuan penelitian untuk menyelidiki pemahaman dan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran yang relevan dengan ilmu pengetahuan dan sistem pendidikan dalam perspektif Islam. Tujuan utama, penelitian ini adalah menganalisis berbagai jurnal akademik terkait yang membahas tentang filosofi ilmu dan pendidikan Islam guna memperoleh sudut pandang yang lebih komprehensif untuk mengevaluasi Full Day School secara berimbang dan mendasar hingga ke tingkat abstraknya. Metode penelitian yang digunakan Literature Review dengan fokus pada filsafat ilmu dan pendidikan Islam. Hasil dari kajian penulis menegaskan bahwa konsep Full Day School yang baik seharusnya tidak meletakkan murid dalam prasangka bahwa ia akan berlaku buruk, tidak memiliki paradigma bahwa waktu yang panjang menghasilkan pendidikan yang lebih baik dan harus memiliki solusi untuk mendasarkan pelatihan pada anak anak untuk menghadapi realitas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...