Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan percaya diri dalam pembelajaran matematika melalui Problem Based Learning berbantuan quiziz pada peserta didik kelas X. berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas X-5 di sekolah SMA Negeri 1 Sukoharjo, rasa percaya peserta didik masih tergolong kurang yaitu di bawah 75%. Hal ini dapat dilihat pada sikap siswa dalam proses pembelajaran. Masih banyak siswa yang takut untuk mengemukakan pendapat, jawaban, ide, dan pertanyaan secara tegas. Siswa masih sulit untuk memberanikan diri apabila di minta untuk maju ke depan melakukan presentasi hasil pembelajarannya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukoharjo. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-5 sejumlah 36 peserta didik. Tindakan Kelas, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data informasi dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I dan II. Indikator persentase peningkatan yaitu rata-rata persentase pada siklus I yaitu 51,8% menjadi 82,8% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan berdasarkan hasil yang diperoleh dari siklus I dan II bahwa kemampuan percaya diri dalam pembelajaran matematika meningkat melalui Problem Based Learning berbantuan quiziz pada peserta didik kelas X.
Copyrights © 2024