Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu cabang ilmu yang tak asing lagi persoalannya dalam dunia pendidikan, yakni sulitnya memahami dan mengingat. Terlebih untuk tingkat pendidikan dasar yang dituntut untuk memahami peristiwa lampau yang mereka masih sangat dini dalam mendefinisikan segala cerita yang tersirat dan mengingat segala keadaan yang terungkap. Sedang semua itu membutuhkan gambaran yang tampak agar siswa mampu berekspetasi dengan tepat dan lebih memberi kesan juga warna bagi lika liku pemahaman siswa. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Dalam hal ini, komik yang akan dikembangkan mengikuti model pengembangan Borg and Gall. Tujuan dari pengembangan produk sebagai solusi dari salah satu problema pendidikan terkait dengan penyampaian materi. Uji coba penelitian dan pengembangan media komik ini berlangsung di MI al-Qur’an Kediri. Hasil penelitian untuk menguji kelayakan produk/ media dapat ditunjukkan oleh rata-rata data tingkat kevalidan produk dari ahli materi sebesar 92% dengan keterangan valid tanpa revisi. Dari ahli desain sebesar 86% dengan keterangan valid tanpa revisi. Dari responden sebesar 86% dengan keterangan valid tanpa revisi. Untuk pengujian kelayakan produk, dilakukan uji T serta uji N-Gain yang mana diperoleh angka signifikansi 0,003 dan = 3,273 > = 0,040 dengan keterangan kelas eksperimen (menggunakan media) perbandingan hasil lebih besar dari kelas kontrol (tanpa media) dari uji T dan diperoleh rata-rata siswa dari kelas kontrol berinterpretasi sedang dengan keterangan 9 siswa cukup efektif dan 7 siswa kurang efektif, sedang dari kelas eksperimen diperoleh rata-rata siswa berinterpretasi tinggi dengan keterangan 15 siswa efektif menggunakan media komik. Dari data yang terkumpul menujukkan bahwa media komik pada materi IPS lebih memberi kontribusi yang positif dari pada tanpa menggunakan media. Sehingga media komik ini layak untuk dikonsumsi publik dan diterapkan pada dunia pendidikan.
Copyrights © 2024