Penelitian ini bertujuan merancang prototipe aplikasi mobile dengan sistem poin sebagai insentif untuk mengurangi dampak food waste. Latar belakang penelitian menggarisbawahi tingginya pemborosan makanan dan mengidentifikasi potensi solusi berkelanjutan melalui teknologi informasi. Metode perancangan menggunakan pendekatan Design Thinking dengan langkah-langkah pemahaman, penentuan masalah, ideasi, perancangan, dan pengujian. Prototipe aplikasi melibatkan sistem poin dengan mekanisme pelevelan, antarmuka donasi berbasis tipe makanan, transparansi histori donasi, dan laman penukaran poin yang informatif. Hasil uji blackbox menunjukkan kesuksesan prototipe tanpa masalah signifikan. Implikasi penelitian ini adalah potensi aplikasi sebagai alat efektif dalam memotivasi partisipasi masyarakat, dengan fokus pada insentif, transparansi, dan pengalaman pengguna yang menarik. Aplikasi diharapkan dapat membangun kesadaran dan tanggung jawab sosial terhadap isu global food waste.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024