Pembelajaran virtual dikenal sebagai terobosan terbaru untuk pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman. Teknologi virtual yang biasanya kita temui pada dunia hiburan, tampaknya bisa diadaptasi selama proses pembelajaran terutama materi ajar Fisika. Rancangan penelitian ini dengan tujuan untuk mengembangkan pembelajaran Fisika menggunakan Virtual Reality (VR). VR adalah teknologi berbasis komputer dengan menyajikan gambaran dunia nyata pada dunia imajinasi berbentuk tiga dimensi (3D) dengan audio pada waktu bersamaan. Pemilihan materi ajar Hukum Hooke dianggap sangat dekat dengan keseharian peserta didik. Penggunaan VR selama proses pembelajaran Hukum Hooke bisa mengubah persepsi peserta didik terhadap pembelajaran kaku yang selama ini diterima. Dengan bantuan teknologi terbarukan, VR bisa menyulap pembelajaran dari yang biasa saja menjadi luar biasa berkat bantuan 3D. Pengemasan materi yang seolah-olah nyata menjadi hal baru bagi anak-anak yang selama ini cuma mengandalkan VR sebagai sarana hiburan semata. Research and Development adalah metode yang digunakan selama melakukan penelitian ini. Pengembangan VR selama proses pembelajaran meliputi analisis dan masalah, pengumpulan informasi, dan desain produk. Penelitian ini membawa perubahan yang signifikan terhadap proses pembelajaran menggunakan VR pada materi ajar Hukum Hooke di Kelas XI-MIPA MAN 2 Aceh Barat.
Copyrights © 2024