Phi : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan
Vol 10, No 1 (2024)

Visualisasi Pembelajaran Fisika Menggunakan Virtual Reality Pada Materi Ajar Hukum Hooke di Kelas XI-MIPA MAN 2 Aceh Barat

Ubaidillah, Ubaidillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2024

Abstract

Pembelajaran virtual dikenal sebagai terobosan terbaru untuk pembelajaran yang mengikuti perkembangan zaman. Teknologi virtual yang biasanya kita temui pada dunia hiburan, tampaknya bisa diadaptasi selama proses pembelajaran terutama materi ajar Fisika. Rancangan penelitian ini dengan tujuan untuk mengembangkan pembelajaran Fisika menggunakan Virtual Reality (VR). VR adalah teknologi berbasis komputer dengan menyajikan gambaran dunia nyata pada dunia imajinasi berbentuk tiga dimensi (3D) dengan audio pada waktu bersamaan. Pemilihan materi ajar Hukum Hooke dianggap sangat dekat dengan keseharian peserta didik. Penggunaan VR selama proses pembelajaran Hukum Hooke bisa mengubah persepsi peserta didik terhadap pembelajaran kaku yang selama ini diterima. Dengan bantuan teknologi terbarukan, VR bisa menyulap pembelajaran dari yang biasa saja menjadi luar biasa berkat bantuan 3D. Pengemasan materi yang seolah-olah nyata menjadi hal baru bagi anak-anak yang selama ini cuma mengandalkan VR sebagai sarana hiburan semata. Research and Development adalah metode yang digunakan selama melakukan penelitian ini. Pengembangan VR selama proses pembelajaran meliputi analisis dan masalah, pengumpulan informasi, dan desain produk. Penelitian ini membawa perubahan yang signifikan terhadap proses pembelajaran menggunakan VR pada materi ajar Hukum Hooke di Kelas XI-MIPA MAN 2 Aceh Barat. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurnalphi

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Engineering Physics Other

Description

Jurnal Phi teregistrasi dengan ISSN : 2549-7162 (daring) dan ISSN : 2460-4348 (cetak) adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil riset dalam lingkung fisika dan pendidikan fisika yang berdampak pada pengetahuan dan teknologi. Kami tidak menerima tulisan yang masih berupa hasil pendahuluan atau ...