FOCUS: Journal of Social Studies
Vol 5 No 1 (2024): FOCUS: Jurnal Ilmu Sosial

Meningkatkan Profesionalisme Guru dan Prestasi Siswa dalam Pembelajaran Ekonomi melalui Model Understanding by Design (UbD) dan Differentiated Instruction (DI) di SMA Yapidh Kota Bekasi

Karim, Hafifi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Feb 2024

Abstract

Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui sejauh manakah perubahan peningkatan kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran ekonomi dan prestasi belajar siswa di SMA Yapidh Bekasi dalam mata pelajara Ekonomi apabila mengguanakan model Understanding by Design (UbD) dan Model Differentiated Instruction (DI). Penggunaan model Understanding by Design (UbD) dan Differentiated Instruction (DI) dapat meningkatkan kualitas profesionalisme guru (Ekonomi dan IPS) dan juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran Ekonomi di SMA IT Yapidh Bekasi.). Setelah mendapatkan intervensi pelatihan/ bimbingan penggunaan model UbD dan DI, jumlah guru yang berhasil mencapai tingkat proficient (Mampu/ Cakap) meningkat menjadi 25 orang (87.5 %). Sedangkan prestasi belajar dalam pembelajaran Ekonomi setelah menggunakan model UbD dan DI, skor summative test (siklus 2) skor mean menunjukkan 35.89 %

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

focus

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

FOCUS is a Journal of Social Studies Manuscripts for FOCUS must fall into one of the following categories: 1. Sociology 2. Anthropology 3. Psychology 4. Economy 5. Social Geography 6. Politics 7. History 8. Other Social ...