FOCUS: Journal of Social Studies
Vol 5 No 1 (2024): FOCUS: Jurnal Ilmu Sosial

Perilaku Bullying pada Siswa: Sebuah Studi Naratif Review tentang Hubungannya dengan Kecerdasan Emosional

Fauzi, Achmad (Unknown)
Sukartiasih, Wayan (Unknown)
Suchaiyati, Ninik (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2024

Abstract

Bullying pada siswa telah menjadi masalah yang semakin meningkat di berbagai sekolah di seluruh dunia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara perilaku bullying pada siswa dengan kecerdasan emosional. Metode yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode narrative review untuk meninjau penelitian empiris yang relevan. Artikel yang digunakan pada studi ini diambil dari empat mesin pencari database, yaitu Crossref, Scopus, Google Scholar, dan Semantic Scholar dengan total artikel yang sesuai dengan kriteria adalah 5 artikel. Semua artikel yang digunakan dalam studi ini berasal dari tahun 2013 hingga tahun 2023. Hasil narrative review ini menunjukkan adanya bahwa kecerdasan emosional pada siswa memiliki hubungan negatif yang signifikan dengan perilaku bullying, artinya kecerdasan emosional yang rendah dapat menjadi faktor risiko bagi siswa untuk terlibat dalam perilaku bullying, sementara kecerdasan emosional yang tinggi dapat membantu mencegah terjadinya perilaku bullying. Implikasi dari temuan ini adalah pentingnya mengembangkan kecerdasan emosional pada siswa sebagai upaya pencegahan dan pengurangan perilaku bullying.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

focus

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

FOCUS is a Journal of Social Studies Manuscripts for FOCUS must fall into one of the following categories: 1. Sociology 2. Anthropology 3. Psychology 4. Economy 5. Social Geography 6. Politics 7. History 8. Other Social ...