Abstrak. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning dengan menggunakan metode draw a picture dalam meningkatkan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VII D di SMP Negeri 2 Watampone. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data melalui menelaah data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan (verifikasi data). Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa. Sebelum tindakan dilakukan, hasil tes menunjukkan presentase ketuntasan 12,5% yang tergolong sangat kurang. Sedangkan pada siklus I, hasil tes menunjukkan presentase ketuntasan 57,89% kategori kurang. Pada siklus II, nilai siswa telah mencapai ketuntasan minimal dengan presentase ketuntasan 83,33% kategori baik. Berdasarkan uraian diatas, maka disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dengan metode draw a picture dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas VII D di SMP Negeri 2 Watampone Kata Kunci: Problem Based Learning, Draw a picture, Kosakata
Copyrights © 2023