Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peningkatan kemampuan kognitif melalui pemberian kartu angka bervariasi pada anak PAUD Kelompok B di TK Aqra Atikah Palembang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelompok B di TK Aqra Atikah Palembang yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 7 perempuan dan 13 laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Adapun indikator yang digunakan adalah perhatian saat mendengar penjelasan guru, dapat menyebutkan penjumlahan bilangan, dapat menceritakan kembali cerita yang dibacakan guru dan kesanggupan anak dalam mengerjakan tugas. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kreativitas anak melalui penggunaan “Kartu angka variasi” yaitu dari 20 anak pada siklus pertama, 7 orang anak mendapat nilai 35% dengan kategori belum berkembang, dan 13 anak mendapat nilai 65% dengan kategori mulai berkembang. Pada siklus ke II mengalami peningkatan dengan kemampuan anak dalam mengenal kemampuan berhitung melalui kartu angka bervariasi dari 20 anak, 3 orang anak mendapat nilai 15% dengan kategori berkembang sesuai harapan dan 17 orang anak mendapat nilai 80% dengan kategori berkembang sangat baik. Dalam siklus II ini aktivitas berhitung menggunakan kartu angka bervariasi meningkatkan kognitif berhitung anak melalui kartu angka variasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023