Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) 
Volume 4 Nomor 1 Tahun 2024

Analisis Dampak Kesulitan Self-Disclosure terhadap Kesehatan Mental Siswa dan Penanganannya

Sartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku self disclosure pada NIB di SMP Negeri 8 Makassar, faktor-faktor penyebab kesulitan self disclosure pada NIB, dan upaya penanganan untuk membantu NIB dalam mengatasi masalah pribadi yang berkaitan dengan self-disclosure. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa NIB mengalami kesulitan dalam self-disclosure. NIB mengungkapkan kesulitan dalam membuka diri dan lebih memilih untuk memendam permasalahannya. Faktor-faktor internal maupun eksternal berkontribusi pada kurangnya self-disclosure ini. Salah satu intervensi yang digunakan dengan menggunakan teknik expressive writing melalui empat tahapan: Recognition, Examination/Writing exercise, Juxtaposition/ Feedback, dan Application to the self.. Melalui proses intervensi ini, NIB diberi kesempatan untuk mengekspresikan diri dengan bebas, menerima umpan balik yang konstruktif, dan menerapkan wawasan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, penerapan teknik expressive writing akan membawa perubahan positif dalam kemampuan self-disclosure dan kesejahteraan mental NIB.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dikdasmen

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN)  menerima artikel dalam bidang Pembelajaran, Pengajaran, Pendidikan dasar, Pendidikan ...