Program layanan bimbingan dan konseling di sekolah penyelenggara inklusi diharapkan dapat dilakukan menyeluruh kepada siswa berkebutuhan khusus dan siswa reguler. Dalam program layanan bimbingan dan konseling, siswa regular dan anak berkebutuhan khusus dibantu untuk mengembangkan keterampilan dasar untuk kehidupan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program layanan bimbingan dan konseling di sekolah penyelenggara inklusi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yaitu melalui studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel bersifat purposive sampling. Hasil penelitian analisis data deskriptif kuantitatif dan analisis data deskriptif kualitatif menunjukkan bahwa perencanaan program bimbingan dan konseling di sekolah inklusi dalam kategori kurang baik, penyusunan program bimbingan dan konseling di sekolah inklusi dalam kategori kurang baik, implementasi program bimbingan dan konseling di sekolah inklusi dalam kategori buruk, evaluasi program bimbingan dan konseling di sekolah inklusi dalam kategori buruk. Simpulan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolah penyelenggara inklusi belum berjalan dengan baik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024