Penelitian ini menelaah penerapan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui gambaran kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar, (2) Mengetahui gambaran pelaksanaan teknik self talk untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar, (3) Mengetahui apakah teknik self talk dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 18 Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimental dengan model True Experimental Design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan skala kepercayaan diri dan observasil. Jadi hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan treatment teknik self talk berada pada kategori rendah dan setelah diberikan perlakuan berupa teknik self talk kepercayaan diri siswa meningkat atau berada pada kategori tinggi, (2) Pada saat pelaksanaan teknik self talk partisispasi siswa berada pada kategori tinggi (3) Penerapan teknik self talk signifikan dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024