Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) 
Volume 4 Nomor 1 Tahun 2024

Perilaku Nomophobia dan Penanganannya pada Siswa di Pendidikan Menengah

Nurul Azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apa itu nomophobia dan penyebabnya pada subjek AF di SMPN 8 Makassar serta bagaimana penanganannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasilnya adalah deskripsi perilaku nomophobia subjek AF adalah tidak bisa lepas dari handphone saat pembelajaran berlangsung, merasa cemas apabila handphone nya tidak ada baterai serta kurang bersosialisasi di dunia nyata dengan teman-temannya. Penyebabnya adalah kurangnya pengontrolan diri, factor kebiasaan sedari dulu, dan cemas apabila tidak memakai handphone. Penanganannya adalah peneliti menerapkan treatment dengan teknik kontrak perilaku untuk mengurangi perilaku. Setelah penanganan subjek AF dapat mengurangi nomophobia-nya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dikdasmen

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN)  menerima artikel dalam bidang Pembelajaran, Pengajaran, Pendidikan dasar, Pendidikan ...