Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN) 
Volume 4 Nomor 1 Tahun 2024

Konseling Individual Teknik Kursi Kosong terhadap Kepercayaan Diri Siswa Korban Bullying

Rahmaniyah, Minhad (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Bullying menjadi fenomena yang marak terjadi di kalangan remaja khususnya di lingkungan sekolah. Tindakan berlebihan yang dilakukan berulang kali secara sadar oleh seseorang yang lebih kuat terhadap seseorang yang lebih lemah secara psikis dan fisik. Dampak tindakan bullying terhadap korban bisa sangat serius dan jangka panjang, salah satunya penurunan kepercayaan diri. Korban bullying sering kali merasa tidak berharga, tidak disukai, dan tidak bersemangat. Hal ini dapat menyebabkan mereka menarik diri dari interaksi sosial, merasa malu dan cemas yang berlebihan, serta memiliki citra diri yang negatif. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji dan mengetahui pentingnya konseling individual teknik kursi kosong dapat membantu siswa mengembalikkan kepercayaan dirinya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan literatur review (kajian literatur). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling individual teknik kursi kosong terhadap siswa korban bullying dapat meluapkan semua emosi yang terpendam dan mengatakan apa yang seharusnya ia katakan dan memberikan kepuasan tersendiri serta menimbulkan rasa percaya diri sendiri bagi korban bullying.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dikdasmen

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan Menengah (DIKDASMEN)  menerima artikel dalam bidang Pembelajaran, Pengajaran, Pendidikan dasar, Pendidikan ...