Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 2 No. 1 (2022): Maret

Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence

Dalilan, Rati (Unknown)
Sofyan, Deddy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi atas rendahnya kemampuan berpikir kreatif yang dalah satunya disebabkan kurangnya self-confidence siswa. Penelitian bertujuan menganalisis bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari self-confidence. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan lima orang siswa kelas VIII di Desa Simpang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berbentuk soal tes tertulis, Wawancara, dan Observasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa self-confidence siswa mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Siswa yang mempunyai semua indikator self-confidence cenderung memiliki satu indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu elaboration atau menguraikan secara runtut langkah penyelesaian masalah. Sedangkan siswa yang hanya mempunyai satu indikator self-confidence cenderung tidak memiliki indikator kemampuan berpikir kreatif. Dengan demikian self-confidence merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis. The background of this research is the low ability of creative thinking skills, one of which is the lack of student self-confidence. This study aims to analyze how mathematics creative thinking in terms of self-confidence. This qualitative descriptive study involved five eighth-grade students in Simpang Village, Cikajang District, Garut Regency as research subjects. The instruments used are in the form of written test questions, interviews, and observations. Based on the results of data analysis, it was concluded that students' self-confidence influenced students' mathematical creative thinking abilities. Students who have all indicators of self-confidence tend to have one indicator of creative thinking skills, namely elaboration or describing coherently the problem-solving steps. Meanwhile, students who only have one indicator of self-confidence tend not to have indicators of creative thinking skills. Thus, self-confidence is one of the factors that affect to mathematics creative thinking.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...