Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Indonesia rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya yaitu kecemasan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas XI SMA. Penelitian ex-post facto ini merupakan penelitian Causal Comparative Research. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas XI salah satu SMA Negeri di Tinambung, dengan sampel sebanyak 48 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data berbentuk instrumen angket kecemasan matematika dan tes kemampuan pemecahan masalah matematika. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensian dengan uji regresi linear sederhana. Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dengan kontribusi 15,4%. Faktor kecemasan siswa pada matematika perlu diperhatikan dengan baik oleh guru untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Students' mathematical problem-solving ability in Indonesia is low. One of the factors that influence it is anxiety. This research was conducted to determine the effect of math anxiety on the math problem-solving abilities of class XI high school students. This ex-post facto research is a Causal Comparative Research study. The study population was all students of class XI at one of the State Senior High Schools in Tinambung, with a sample of 48 students selected by cluster random sampling technique. The data collection technique was in the form of a mathematical anxiety questionnaire and a mathematical problem-solving ability test. Data analysis was carried out descriptively and inferentially with a simple linear regression test. The test results show that there is an effect of math anxiety on math problem-solving abilities, with a contribution of 15.4%. The student's anxiety factor in mathematics needs to be properly considered by the teacher to improve the ability to solve mathematical problems.
Copyrights © 2022