Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 4 No. 1 (2024): Maret

Jari Trigonometri: Alternatif Alat Peraga Pembelajaran Matematika

Sarumaha, Yenny Anggreini (Unknown)
Khairiani, Dian (Unknown)
Khasanah, Nur Dina Meylaila (Unknown)
Sari, Nurma (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika bukanlah hal baru. Di tengah-tengah digitalisai yang berkembang, penelitian ini hadir memberikan pandangan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji lebih dalam pengalaman siswa dalam menggunakan alat peraga pada materi sudut istimewa trigonometri. Penelitian ini fokus pada 4 orang siswa kelas X SMA di Yogyakarta, yang terdiri dari 4 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan triangulasi data untuk mendeskripsikan hasil temuan. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Jari Trigonometri dalam memperlajari sudut-sudut istimewa memberikan pengalaman dan persepsi positif bagi siswa dalam memahami dan mengingat sudut istimewa. Selain itu, motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran juga meningkat.  Meskipun mengalami tantangan dalam memahami penggunaan alat peraga, siswa menyatakan memperoleh manfaat yang signifikan dalam menggunakan Jari Trigonometri. The use of manipulation in learning mathematics is not a new thing. In the development of digitalization, this present study stands to open again perspective using hand on manipulative in teaching and learning mathematics. The purpose of this study was to understand deeply students’ experiences in utilizing manipulatives to learn special angles in trigonometry. This study focused on a small group of grade X senior high school in Yogyakarta, which consisted of 4 students. The method in this study was a qualitative method using data triangulation to describe the findings. The results show that using Jari Trigonometri in learning special angles gave positive experiences and perceptions for students to understand and remember special angles. Moreover, students’ motivation and participation in learning improved better. Albeit having obstacles in comprehending the use of Jari Trigonometri, students affirmed gaining benefits in utilizing this hands-on manipulative.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...