Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan teknik dribbling dengan modifikasi pembelajaran zig-zag. Dengan subjek penelitian berjumlah 20 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitiannya melalui 4 tahapan dimulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Dari siklus pertama setelah dilakukan perhitungan maka diproleh hasil peningkatan dalam klasifikasi baik sekali sebanyak 5 peserta dengan persentase 25%, dalam klasifikasi baik 7 peserta dengan persentase 35% , dalam klasifikasi sedang 6 peserta dengan persentase 30% dan 2 peserta dikategori kurang. Peserta yang tuntas pada siklus pertama yaitu sebanyak 12 peserta dengan persentase 60%. Setelah dilakukan tindakan melalui modifikasi pembelajaran dribbling zig-zag menggunkan bola dan gerak zig-zag tanpa bola. Pada siklus ke dua, didapatkan hasil bahwa ada peningkatan dengan jumlah peserta dalam klasifikasi baik sekali sebanyak 12 peserta, klasifikasi baik 5 peserta dan 3 peserta dalam klasifikasi sedang. Jumlah peserta dengan nilai tuntas pada siklus ke dua sebanyak 17 peserta dalam kategori baik sekali dengan persentase 85% pada peserta ekstrakulikuler bola futsal putra SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peningkatan dribbling dengan menggunakan modifikasi zig-zag pada peserta ektrakulikuler bola futsal putra SMA Negeri 6 Bengkulu Selatan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023