Model pembelajaran siklus belajar 5E merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centered) dan merupakan model pembelajaran yang sesuai dengan teori konstruktivisme. Kontruktivisme merupakan landasan berpikir (filosofi) pendekatan kontekstual, yaitu bahwa pengetahuan dibangun oleh manusia sedikit demi sedikit, yang hasilnya diperluas melalui konteks yang terbatas. Sehingga dalam hal ini, pembelajaran siklus belajar 5E ini sesuai dengan tujuan utama pembelajaran IPS, yaitu untuk membantu mengembangkan siswa menjadi warga negara yang memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang memadai untuk berperan serta dalam mewujudkan kehidupan yang demokratis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember dilakukan dengan membuat RPP, LKPD, menganalisis materi pelajaran, menentukan media dan sumber belajar. 2) Pelaksanaan model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu engagement (undangan), exploration (eksplorasi), explanation (penjelasan), elaboration (pengembangan), dan evaluation (evaluasi). 3) Evaluasi model pembelajaran siklus belajar 5E pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Jember menggunakan penilaian autentik yaitu dengan menilai hasil belajar siswa melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024