Guru Madrasah Aliyah Jamiyyah Islamiyyah Pondok Aren sudah tentu mengikuti perkembangkan teknologi yang menuntut profesional profesinya. Kondisi perkembangan riset dan teknologi pada 4.0 menuntut Masyarakat untuk melakukan riset dan mengembangkan IPTEK, tetapi hal tersebut masih tergolong minim dalam hal motivasi dan minat hal ini mengakibatkan kurangnya karya tulis ilmiah yang dibuat oleh Guru. Oleh karena itu guru perlu peningkatkan kompetensi karya tulis ilmiah di sekolah. Karya Tulis Ilmiah merupakan karya tulis yang disusun berdasarkan penekatan dan metode ilmiah yang mengikuti prosedur dan cara seperti mengientifikasi masalah, mengaitkan masalah dengan teori sampai dengan kesimpulan. Metode pelaksanaan terdiri dari kegiatan pendahuluan, persiapan, pelaksanaan serta pelatihan dan kegiatan evaluasi meliputi materi pelatihan dan alokasi waktu. Hasil dari kegitan bahwa guru-guru di semua indikator kemampuan karya tulis ilmiah semuanya mendapatkan hasil rata-rata 3,5 dari 4, sehingga dengan hasil tersebut dapat dipastikan guru-guru sudah memahami dan bisa mengimplementasikan dengan baik dan benar sesuai kaidah keilmuan karya tulis ilmiah. Kesimpulan dan saran bahwa kegiatan berjalan sesuai waktu dan prosedur kemudian peserta antusias dalam kegiaran pelatihan, perlu peningkatan kembali kompetensi dari penulisan karya tulis ilmiah di lingkungan sekolah.
Copyrights © 2024