Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peranan dari media video interaktif berbasis Canva pada Pembelajaran tematik terhadap hasil belajar di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan memakai metode deskriptif kualitataif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mencari melalui Google Scholar artikel- artikel di jurnal elektronik maupun publikasi lain. Data tersebut dianalisis dengan tiga tahap yaitu pengorganisasian, sintesis serta identifikasi. Pada pengaplikasian media ini ditemui beberapa kendala di dalam kelas, di antaranya; guru masih belum mengetahui bagaimana membuat desain di canva, kurang stabilnya sinyal serta terbatasnya sarana prasarana. Akan tetapi, kendala tersebut tidak menjadi hambatan. Pihak sekolah menyediakan sosialisasi atau pelatihan dan fasilitas sarana dan prasarana yang memadai bagi para guru. Terdapat delapan artikel yang sesuai dengan tema kajian yang menyatakan bahwa  penerapan media interaktif Canva memiliki peranan yang sangat signifikan terhadap hasil belajar siswa utamanya pada jenjang sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023