Jurnal Konsepsi
Vol. 12 No. 3 (2023): Jurnal Konsepsi (November)

Optimasi Pembelajaran Membaca melalui Media Kartu Kata Bergambar di Kelas II SDN 069 Limbong Kecamatan Rongkong Kabupaten Luwu Utara

Janna, Janna (Unknown)
Rustan, Edhy (Unknown)
Hisbullah, Hisbullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi efektivitas penggunaan media kartu kata bergambar untuk mengatasi kesulitan belajar membaca pada peserta didik kelas dua di SDN 069 Limbong. Tujuan utama penelitian adalah untuk menilai dampak positif penggunaan media kartu kata bergambar dalam mengatasi kesulitan belajar membaca di kelas tersebut, serta untuk mengidentifikasi upaya konkret guru dalam menghadapi kesulitan belajar membaca peserta didik menggunakan media tersebut. Metode penelitian yang diterapkan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peserta penelitian terdiri dari 12 peserta didik kelas II, sedangkan objek penelitian adalah implementasi media kartu kata bergambar dalam mengatasi kesulitan belajar membaca. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi, dengan analisis data yang melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan langkah-langkah penerapan media kartu kata bergambar dengan baik. Langkah-langkah tersebut mencakup penentuan tema, persiapan media, pengenalan huruf dan kata kepada anak, persiapan alat dan bahan, pembagian peserta didik ke dalam kelompok, dan memberikan kegiatan kepada anak. Upaya guru dalam mengatasi kesulitan membaca peserta didik melalui media kartu kata bergambar terfokus pada tiga langkah pembelajaran: pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan media kartu kata bergambar oleh guru dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran membaca. Penerapan langkah-langkah yang telah dijelaskan mampu memberikan kontribusi positif terhadap pemahaman dan kemampuan membaca peserta didik kelas II di SDN 069 Limbong.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...