Jurnal Konsepsi
Vol. 13 No. 1 (2024): Jurnal Konsepsi (Mei)

Peningkatan Nilai Kognitif melalui Penggunaan Model Project Based Learning

B., Zulmita (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil nilai kognitif peserta didik kelas IV SDN 111 Batusitanduk sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah PTK model Stephen Kemmis dan Robyn Mctaggart. Penelitian dilaksanakan di SDN 111 Batusitanduk, Kabupaten Luwu. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas IV dengan jumlah total 26 peserta didik yang terbagi menjadi 12 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui library research yang dikumpulkan melalui jurnal dan buku serta field research yang dikumpulkan dari lembar observasi serta penilaian dan jawaban evaluasi kognitif. Data dianalisis menggunakan rumus penilaian, rata-rata, dan persentase keberhasilan. Hasil analisis data menunjukkan Nilai kognitif peserta didik mengalami peningkatan. Saat pre-test, persentase ketuntasan peserta didik adalah 53%, dengan nilai rata-rata 62,3%. Sebanyak 14 peserta didik dinyatakan tuntas, sementara 12 peserta didik (46%) belum tuntas. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,6%, dengan tingkat ketuntasan mencapai 92%..

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

konsepsi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

URNAL KONSEPSI adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan artikel tentang Pendidikan, Bahasa dan Sastra, serta Sosial Humaniora dalam perspektif multidisiplin ilmu. Jurnal ini merupakan wadah untuk para akademisi, praktisi, dan masyarakat untuk mengeksplorasi isu-isu dan praktik yang berkaitan dengan ...