Model pembelajaran menggunakan media Big Book adalah salah satu metode yang dapat membantu guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi model pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga mengakibatkan rendahnya antusiasme dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan media Big Book dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan pada siswa kelas 1 SDN 668 Pompengan dan untuk menilai peningkatan keterampilan membaca permulaan yang dicapai melalui penggunaan media tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah guru dan 19 siswa kelas 1. Data dikumpulkan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk siswa dan guru serta tes keterampilan membaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Big Book efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan. Nilai rata-rata keterampilan membaca siswa pada tahap pratindakan adalah 59,47. Pada siklus I dan II, terjadi peningkatan signifikan; nilai rata-rata tes membaca meningkat menjadi 84,68 pada siklus II, dengan pencapaian KKM sebesar 94,73%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024