Penelitian ini membahas tentang Pengembangan Perangkat Pembelajaran melalui Penggunaan Metode Teams Games Tournament (TGT) Berbasis Nilai-Nilai Pancasila Terintegrasi Permainan Tradisional Lompat Jengkal di Kelas VI SDN 8 Salobulo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Perangkat Pembelajaran Melalui Penggunaan Metode Teams Games Tournament (TGT). Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D). Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan, tetapi peneliti hanya menggunakan 3 tahapan saja. Pada tahapan analisis dilakukan untuk menganalisis kebutuhan pembelajaran yang terdiri dari analisis kinerja, memilih arah fungsi tugas, mengkontruksi performance, dan analisis tujuan. Persngkst pembelajaran yang telah dibuat selanjutnya divalidasi oleh 2 validator di antaranya: validator bahasa, dan validator materi. Hasil validasi kemudian dianalisis untuk mengetahui kevalidan produk yang telah ditotalkan dan bernilai sangat valid dengan presentase 88.89%. Hasil dibuktikan dengan nilai dari ahli materi 80%, dan nilai dari ahli bahasa 90%. Dari hasil data praktikalitas yang telah didapatkan diketahui bahwa terdapat 7 poin yang peneliti nilai ada 6 yang baik dengan presentase 75% dan ada 1 yang sangat baik dengan presentase 100%. Total dari keseluruhan bernilai sangat praktis dengan presentase 90%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perangkat pembelajaran ini dapat meningkatkan semangat dan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2024