Abstrak; Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare. Deskripsi fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Agar dapat mengetahui tingkat presentase keberhasilan siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan menggunakan lembar tes hasil belajar disetiap siklusnya. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V berjumlah 25 orang yang terdiri atas 15 Laki-laki dan 10 Perempuan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024