Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 3, No 4 (2024): April

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V UPTD SD NEGERI 28 PAREPARE

Sahabuddin, Erma Suryani (Unknown)
Amran, Muhammad (Unknown)
Sari, Nur Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Abstrak; Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V UPTD SD Negeri 28 Parepare. Deskripsi fokus pada penelitian ini berupa proses dan hasil belajar. Pelaksanaan tindakan dilakukan selama 2 siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Agar dapat mengetahui tingkat presentase keberhasilan siswa, peneliti menggunakan lembar observasi dan menggunakan lembar tes hasil belajar disetiap siklusnya. Adapun subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas V berjumlah 25 orang yang terdiri atas 15 Laki-laki dan 10 Perempuan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Index Card Match dapat meningkatkan proses dan hasil belajar siswa.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...