Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 3, No 4 (2024): April

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Menggunakan Model Think Pair Share (TPS)

Darwis, Iin Hendriani (Unknown)
Patta, Rahmawati (Unknown)
Hasmawati, Hasmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKN melalui model Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IV SDN 364 Labokke Puty. Metode analisis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan analisis data statistic deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menujukkan bahwa penggunaan model pembelajaran think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 364 Labokke Puty dengan nilai rata-rata hasil belajar PKN pada siklus I yaitu 59.64 dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 81.07. Jumlah siswa yang memenuhi KKM juga mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 6 siswa (42.86%) menjadi 12 siswa (85.71%) pada siklus II.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...