Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 1 (2024): Juli

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR

Firdaus, Firdaus (Unknown)
Kadir, Abd (Unknown)
Sari, Darna (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TAI terhadap hasil belajar Matematika siswa. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis ekperimen menggunakan desain One Group Pretest-Posttest Design.. Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif diperoleh rata-rata pre-test 43,33 dan post-test 87,33. Angket respon siswa diperoleh rata-rata 95,93 dan keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rata-rata 98,00. Sedangkan hasil analisis statistik mengunakan uji One-Samples Kolmogorov-Smirnow menunjukkan bahwa data pre-test dan post-test berdistribusi normal. Uji Levene Statistic menunjukkan bahwa data pre-test dan post-test homogen. Sedangkan untuk uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa nilai sig 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat perbedaan signifikan hasil belajar Matematika siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Inpres 7/83 Tanete.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...