Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahab observasi, dan tahap refleksi. Fokus penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Lejang sebanyak 20 orang yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer dan guru sebagai pengajar. Teknik analisis data adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I hasil observasi aktivitas guru berada pada kategori cukup dan hasil observasi siswa berada pada kategori kurang dengan tes hasil belajar siswa berada pada kategori kurang atau belum mencapai KKM. Pada siklus II hasil obsevasi aktivitas mengajar guru berada pada kategori baik dan observasi aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik dengan hasil belajar siswa berada pada kategori baik. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SD Negeri 2 Lejang.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024