Penelitian ini merupakan studi pengembangan dengan tujuan menghasilkan multimedia interaktif berbasis Tri Hita Karana yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika serta pembentukan karakter siswa SMP kelas VIII. Mengadopsi model pengembangan 4D oleh Sivasailam Thiagarajan (1947), dengan tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun karena kendala waktu, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap Develop. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 9 Denpasar, dengan melibatkan tiga tahap uji coba. Instrumen penelitian mencakup lembar validitas, lembar keterlaksanaan, angket respon guru, angket respon siswa, tes pemahaman konsep, dan angket penilaian karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia Interaktif yang dikembangkan memiliki tingkat validitas yang sangat tinggi (rata-rata skor 0,84), tingkat praktis yang tinggi (rata-rata skor 3,52), dan tingkat efektivitas yang sangat tinggi dalam meningkatkan pemahaman konsep (rata-rata skor tes 0,73), serta penilaian karakter siswa yang positif, mencapai 84% untuk karakter religius, 86% untuk karakter kemanusiaan, dan 90% untuk kepedulian terhadap lingkungan.
Copyrights © 2024